Sabtu, 11 April 2009

Belajar di USA


Ya, kita memang pernah atau sedang belajar di suatu universitas ataupun di suatu perguruan tinggi, atau di lembaga-lembaga pendidikan lainnya. Namun satu hal yang perlu kita catat, bahwa kita akan selalu belajar di USA (Universitas Semesta Alam), baik ketika kita sedang belajar di suatu lembaga pendidikan maupun ketika sudah tidak lagi belajar disana.

Dimanapun kita berada, kapanpun waktunya, dan sampai kapanpun kita akan selalu menjadi mahasiswa di Universitas Semesta Alam ini.
Siapa guru atau dosennya, siapa siswa atau mahasiswanya? Semua manusia yang ada didunia inilah yang menjadi mahasiswa-mahasiswa dan dosen-dosennya. Ya, kadang kita menjadi mahasiswanya, sedangkan ibu, ayah kita, teman-teman kita, tetangga-tetangga kita dan orang-orang yang ada di sekeliling kitalah yang menjadi dosennya.



Dari merekalah kita belajar tentang kehidupan, belajar bergaul, belajar bermasyarakat, belajar untuk bersikap dewasa, belajar untuk memikul sebuah tanggung jawab, dan belajar yang lain-lainnya yang tidak diajarkan dalam sebuah lembaga pendidikan. Dan rasanya sangat benar sekali, jika Sahabat Ali RA, menantu Rasululllah SAW mengatakan bahwa semua orang yang mengajari dirinya walau hanya satu huruf saja, beliau anggap sebagai gurunya. Ya itulah guru-guru dan dosen-dosen kita dalam kampus USA ini yang akan selalu terus mewarnai dan memberikan kita mata kuliah tentang kehidupan ini.

Dan ternyata bukan hanya mereka yang menjadi dosen kita, hewan, tumbuh-tumbuhan pun terkadang menjadi dosen yang senantiasa memberikan mata kuliah tentang kehidupan di dunia ini, dari mereka kita mengetahui indanya simphoni alam semesta yang diciptakan oleh Sang Maha Pencipta Allah SWT. Dari mereka pula kita dapat memetik pelajaran yang begitu berarti bahwa hanya Allah lah Sang Maha Pencipta yang patut kita sembah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar