Selasa, 28 Januari 2014

Beasiswa Turki 2014

Oleh Abdul Aziz Bin Mundzir*


Senin (20/01/2014) kemarin saya melihat status yang dibagikan oleh akun facebook Turkiye Burslari. Status itu berbunyi;
“Türkiye Bursları 2014 Yılı Başvuruları Hakkında Bilgilendirme. 2014 Yılı Türkiye Bursları lisansüstü başvuruları Mart 2014 , Lisans ve önlisans başvuruları ise Mayıs 2014 tarihlerinde alınması planlanmaktadır. Web Sitemizden bizi takip edebilirsiniz. www.turkiyeburslari.gov.tr”

“Information about Turkey Scholarships applications in 2014. We will begin accepting graduate degree applications for 2014 on March 2014; undergraduate degree and associate degree applications for 2014 on May 2014. Please follow us on our website. www.turkiyeburslari.gov.tr”


Di tahun lalu saya juga sudah pernah menulis tentang beasiswa yang sama, tentang Turkiye Burslari. Akan tetapi, karena website kami yang lama bermasalah, akhirnya kami membuka website baru untuk sarana berbagi tentang segala hal berkenaan dengan Turki kepada Indonesia.

Beasiswa pendidikan begitu sangat diminati oleh seluruh pelajar dunia saat ini. Berbagai informasi dan kabar berkaitan dengan beasiswa pendidikan adalah hal yang paling sering dicari oleh para pelajar melalui browsing internet atau dengan cara lainnya. Salah satu beasiswa yang menjadi topik menarik saat ini adalah beasiswa pemerintahan Turki. Beberapa waktu yang lalu banyak sekali teman yang menanyakan informasi tersebut kepada saya. Untuk menjawab satu persatu pun membuat saya kesulitan, akhirnya saya memutuskan untuk mempersingkat saja dalam sebuah artikel ini.

Beasiswa pemerintah Turki adalah beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa di seluruh dunia yaitu dengan memberikan kesempatan kepada mereka untuk melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi, baik itu S1, S2 ataupun S3 di Negara Turki. Pada tahun yang 2012 dikenal dengan “Turkiye Burslari Scholarship”, ada juga yang menyebutnya beasiswa YTB dan pada tahun sebelumnya lagi dikenal dengan beasiswa “MEB (Milli Egitim Bakanligi)”. Tidak ada perbedaan yang yang jauh antara keduanya. Hanya saja yang sekarang memiliki proses pengurusan yang lebih mudah. Untuk singkatnya saya akan menjelaskan beasiswa untuk tahun 2012 dan 2013 saja. Kemungkinan besar untuk tahun 2014 ini akan mempunyai proses yang tidak banyak berbeda.

Ada banyak macam beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintahan Turki untuk pelajar dunia, terdiri atas 22 macam beasiswa. Namun tidak semua pelajar bisa mendaftarkan dirinya. Dari 22 macam itu pelajar Indonesia hanya bisa mengakses 8 macam saja. 8 beasiswa itu adalah;
- Goldenhorn Scholarship (undergraduate)
- History and Civilization Scholarship (graduate and research)
- Ibni Haldun Social Sciences Scholarship (graduate and research)
- Economic Studies Scholarship (graduate and research)
- Ali Kuşçu Science and Technology Scholarship (graduate and research)
- İbni Sina Medical Sciences Scholarship (undergraduate, graduate and research)
- Islamic Theology Scholarship (undergraduate, graduate and research)
- Yunus Emre Turkish Language Scholarship (undergraduate, graduate and research)
Menurut kabar yang saya dapatkan dari beberapa teman yang mendapatkan beasiswa juga tercantum di website resminya, di antara keistimewaan beasiswa itu adalah pelajar mendapatkan biaya universitas gratis setiap semester, biaya pendidikan bahasa Turki selama satu tahun, asuransi kesehatan umum dan asrama tempat tinggal, sudah termasuk sarapan serta makan malam. Sedangkan uang saku yang diterima pelajar; untuk mahasiswa S1 (baik yang 2 tahun atau 4 tahun) sebesar 500 TL (300 USD), mahasiswa S2 sebesar 750 TL (450 USD), mahasiswa S3 dan penelitian sebesar 1000 TL (575 USD). Uang saku tersebut akan dikirimkan otomatis ke akun bank masing-masing pelajar. Kemudian setiap pelajar penerima beasiswa mendapatkan tiket pemberangkatan pertama, juga tiket pulang setelah kuliah selesai secara gratis.

Pendaftaran bisa diakses dengan sangat mudah dan praktis, yaitu secara online. Proses ini sudah berjalan dari tahun 2012 dan memang sangat praktis. Website tersedia dengan bahasa Turki dan Inggris. Alamat resmi “Turkiye Burslari Scholarship” adalah (www.trscholarships.org).  Tentang persyaratan dan penjelasan detail bisa teman-teman pelajari sendiri di website ini. Ketika aplikasi pendaftaran dibuka segeralah mendaftarkan akun dalam website itu, sehingga kabar selanjutnya juga bisa teman-teman terima secara update. Sedangkan kapan aplikasinya dibuka masih belum ada kabar jelas. Ada yang mengatakan pendaftarannya sebentar lagi, jadi teman-teman sering-sering saja mengunjungi website agar tidak ketinggalan berita. Jika melihat tahun lalu, pendaftaran ditutup pada awal juni 2012. Tahun ini diperkirakan akan sama seperti tahun yang lalu.
Semua “required document” yang diminta nanti harap sudah discan agar memudahkan aplikasi online. Termasuk foto, ijasah, dll dalam bentuk soft copy. Kartu identitas bisa menggunakan KTP, Akte kelahiran ataupun passport.
Dalam website resi dijelaskan mengenai prosedur penyeleksian mahasiswa yang akan diterima. Ada dua tahap; pertama, tahap akademisi. Peserta akan dievaluasi sesuai dengan nilai akademis, berdasarkan dokumen yang diberikan selama aplikasi. Tahap kedua, tahap wawancara. Undangan wawancara akan masuk ke e-mail masing-masing peserta. Pada tahun 2012 peserta akan diundang ke Turki untuk wawancara. Yaitu di bulan Juni, Juli atau Agustus. Namun sejak tahun 2013 wawancara bisa dilakukan di kedutaan Turki yang berada di Negara masing-masing. Sedangkan Negara yang tidak terdapat kedutaan Turki, wawancara akan dilakukan dengan melalui peralatan telekomunikasi.

Ada beberapa persyaratan lain yang harus diperhatikan;
1. Untuk program S1 (baik 2 tahun maupun 4 tahun) tanggal lahir harus  lebih dari  01.01.1993;
2. Untuk S2 tanggal lahir lebih dari 01.01.1984;
3. Dan untuk S3 atau penelitian tanggal lahir lebih dari 01.01.1979.
Selain beasiswa pemerintah Turki, ada banyak macam bentuk beasiswa swasta yang diberikan oleh yayasan lokal. Saya termasuk dari mereka yang mendapatkan beasiswa swasta. Untuk informasi berkenaan beasiswa swasta tidak dikabarkan secara resmi seperti beasiswa pemerintah Turki. Mungkin teman-teman bisa mendapatkan informasinya dari sekolahan-sekolahan Turki di Indonesia, jamaah pembaca Risalah Nur, ataupun sumber lainnya. Sekian semoga bermanfaat, kurang lebihnya kami mohon maaf.


*Abdul Aziz Bin Mundzir, seorang mahasiswa teologi di Universitas Kahramanmaras Sutcu Imam.

Sumber: http://turkiikpm.blogspot.com.tr/2014/01/beasiswa-turki-2014.html

1 komentar:

  1. assalamualaikum wr wb..
    Mohon dibimbing untuk proses pendaftaran beasiswa kak, saya sudah coba buat akun di https://basvuru.turkiyeburslari.gov.tr/en/OBS_K/OnlineBasvuru/BasvuruTamamlandi tp blm ada tindak lanjut. terimakasih

    BalasHapus